Wednesday, August 24, 2011

Sang Pujangga

Namanya Poeta   

Diadopsi dari bahasa Latin
 
Dalam bahasaku, Poeta berarti 'Sang Pujangga'


Aku dan dia begitu berbeda 

Kami jelas tidak serupa 

Bagaikan langit dan bumi 

Aku terlalu membumi untuknya 

Sedangkan dia setinggi langit untukku

Dia bagaikan Pujangga
Merangkai seribu puisi
Juga menyatu sejuta cerita.
Setiap penikmatnya terhipnotis
Menanti bait-bait emas dan merdu
Terpesona akan cantik celotehannya.
Dan ketika kata-katanya mulai menari
Ia memadu imajinasi dan mimpi di satu titik
Lalu membangun mahakarya dalam genggamannya
Dan menyihir dunia dengan setiap karyanya.

Sedangkan aku hanya seorang Pemimpi
Membualkan seribu mimpi
Juga mengaum-aumkan sejuta asa.
Kata-kataku selalu enggan berdansa
Entah kenapa mereka kaku dan gagu
Mematung dan menolak menyapa bumi.
Alih-alih melahirkan mahakarya
Setiap karya yang kupoles malah hampir hancur
Dan terbelenggu imajinasi yang kian tinggi.
Sungguh aku hanya sebutir pasir kecil dibanding pantai emasnya.
 

Namanya Poeta

Baru saja ia melambaikan tangannya padaku

Melempar senyum menawan di atas paras indonya

Belanda-manado, telah melahirkan seorang penyajak berbakat

Kini dia menghampiriku
Memijak langkah di atas tubuh mungilnya

Pertama kali datang padaku, ia memintaku jadi temannya
Dan aku berharap itu akan selamanya

Sebab karenanya aku menemukan harta,
Memburu dunia kata-kata, Dan mengelana khayal yang sama

   
Ya, itulah dia orangnya

'Sang Pujangga' 
 
Idolaku yang
 Sangat khas, persis seperti namanya

Poeta
  


                                                                                     Unfailing Regards,

No comments:

Post a Comment